TeknoViews Berbagi seputar Informasi teknlogi.

Tips Membuat Flat Design

Apakah Anda pernah mendengar istilah flat design? Nah, dalam dunia desain grafis, flat design adalah salah satu ide desain yang cukup banyak dipilih dan digunakan. Hal ini dikarenakan flat design menggunakan ide desain yang cenderung simple dan minimalis dengan hasil yang tentu saja tetap menarik untuk dinikmati.

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beberapa hal terkait flat design, termasuk salah satunya tips membuat flat design. Pengetahuan mengenai tips untuk membuat flat design ini cukup esensial karena dengan pengetahuan yang mendalam, tentu saja Anda akan bisa membuat flat design dengan hasil yang lebih memuaskan.

Nah, bagaimana pembahasan lebih jauh mengenai flat design ini? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Flat Design

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tips membuat flat design, memahami apa itu flat design adalah hal yang penting. Dalam pemahamannya, flat design adalah salah satu jenis gaya desain yang memiliki penekanan pada unsur-unsur yang cenderung minimalis, termasuk dua dimensi dan juga paduan warna yang cerah.

Selain itu, flat design juga memiliki penekanan lain pada unsur fungsional dengan desain yang cenderung bersih tanpa adanya tekstur, bayangan, bevel dan cenderung lebih fokus pada tipografi.

Perlu diketahui bahwa Microsoft dan iOS adalah dua pemain besar yang pertama kali menggunakan gaya desain ini untuk tampilan mereka. Hal ini merupakan salah satu fakta jika flat design adalah ide desain yang sebenarnya bisa menjadi solusi yang tepat untuk diterapkan.

Kelebihan dan Kekurangan Flat Design

Sebagaimana disinggung di awal bahwa flat design adalah salah satu ide desain yang cenderung cukup simple, sederhana dan tetap menarik. Nah, flat design desain ini kini sering dijadikan ide untuk membuat tampilan UI atau user interface. Alasan penggunaan flat design adalah karena ide ini menampilkan desain yang cenderung modern.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari flat design yang perlu Anda ketahui sebagai pertimbangan kenapa ide desain ini Anda gunakan. Adapun kelebihan dari flat design adalah sebagai berikut.

  • Tata Letak Cenderung Logis dan Terstruktur

Hal pertama yang menarik dari flat design adalah tata letak desain ini cenderung terstruktur dan juga logis. Salah satu alasan kenapa ide desain ini cenderung terstruktur adalah karena flat design mengutamakan unsur fungsionalitas. Tentu, detail desain yang terstruktur dan logis ini membuat desain cenderung lebih mudah dipahami.

  • Tampilan Tidak Terlalu Padat

Kelebihan lain dari flat design yang perlu diketahui sebagai informasi terkait tips membuat flat design adalah bahwa tampilan ide desain ini cenderung tidak terlalu padat. Ya, flat design memiliki prinsip less is more sehingga tampilan yang dihasilkan pun akan cenderung tidak terlalu padat dan lebih menarik.

  • Keterbacaan Meningkat

Dengan menggunakan flat design sebagai ide desain, maka keterbacaan informasi cenderung akan lebih baik dan minimal meningkat. Ini adalah salah satu kelebihan dari flat design yang bisa menjadi alasan kenapa flat design pantas menjadi solusi ide desain.

Nah, beberapa poin di atas adalah kelebihan dari flat design yang bisa Anda dapatkan. Namun, perlu diketahui bahwa ada beberapa kekurangan dari flat design yang juga harus menjadi perhatian. Adapun kekurangan dari flat design ini adalah sebagai berikut.

  • Visual Terkadang Kurang Unik

Salah satu kekurangan dari flat design adalah visual yang biasa saja atau cenderung kurang unik. Hal ini dikarenakan elemen desain memang cenderung sederhana sehingga tidak ada hal yang ditonjolkan.

  • Cepat Bosan

Dikarenakan tampilan visual yang biasa saja, maka kesan cepat bosan bisa saja muncul saat melihat flat design ini. Oleh karena itu, dalam tips membuat flat design perlu adanya kreativitas agar tampilan yang dihasilkan lebih mengesankan.

Tips Membuat Flat Design yang Istimewa

Setelah berbincang tentang beberapa hal terkait flat design, ada beberapa tips membuat flat design yang harus Anda ketahui. Sebagaimana disinggung di awal bahwa beberapa tips tersebut akan membantu Anda untuk menghasilkan karya flat design yang istimewa.

Adapun beberapa tips terkait pembuatan flat design ini adalah sebagai berikut.

  • Tetap Simple

Hal paling pertama ketika berbincang tentang flat design adalah tetap mempertahankan ide yang simple. Ini adalah tips membuat flat design pertama dan paling penting karena memang pada dasarnya flat design memiliki detail yang cenderung simpel dan sederhana.

  • Gunakan Beragam Ikon

Salah satu tips membuat flat design yang cukup penting adalah menggunakan beragam ikon sebagai dasar untuk membuat desain. Seiring desain yang simple, ikon geometris adalah pilihan yang sangat tepat yang Anda perlukan. Ada beragam bentuk geometris yang bisa Anda gunakan sesuai keinginan.

  • Perhatikan Kombinasi Warna Pada Desain

Dalam flat design, warna adalah senjata. Oleh karena itu, warna flat design akan sangat berpengaruh pada hasil desain yang Anda buat. Dalam hal ini, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya jika Anda memperhatikan kombinasi warna yang digunakan. Berusahalah untuk melakukan kombinasi warna yang unik dan tepat.

Faktor warna memang sangat dominan untuk menentukan hasil flat design ini. Dengan warna yang tepat, desain yang sederhana tentu akan terlihat lebih berkelas dan lebih mengesankan. Nah, dalam hal ini, Anda bisa saja mencoba beberapa variasi warna seperti menggunakan model gradasi, binary dan lainnya.

  • Perhatikan Penggunaan Tipografi

Hal lain yang cenderung cukup penting dari flat design untuk menghasilkan hasil desain yang mengesankan adalah penggunaan tipografi. Nah, dalam hal ini, ada baiknya jika Anda fokus pada tipografi desain yang Anda buat.

Teks terkadang akan menjadi elemen utama yang akan membentuk kesan tersendiri dari desain yang Anda buat. Oleh karena itu, salah satu tips membuat flat design adalah dengan memperhatikan detail teks, seperti jenis font, ukuran dan lainnya.

  • Berikan Efek Glowing

Salah satu tips untuk membuat desain flat yang keren dan mengesankan adalah dengan menambahkan efek glowing. Ini adalah salah satu tips yang cukup penting dan akan menentukan hasil flat design yang istimewa. Dengan adanya efek ini, maka akan ada kesan menonjol yang muncul dari flat design yang Anda buat.

Efek glowing ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, ada baiknya jika Anda tidak perlu menggunakan efek ini secara berlebihan. Hal ini agar kesan simple pada flat design tetap tersimpan dengan rapi.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang flat design yang perlu Anda ketahui. Beberapa kelebihan dan kekurangan flat design dapat menjadi pertimbangan untuk membuat. Selain itu, beberapa tips untuk membuat flat design akan membantu Anda menghasilkan karya yang luar biasa.

Selain mengetahui beragam tips membuat flat design sebagaimana di atas, ada baiknya jika Anda mencari contoh flat design yang sudah jadi. Contoh tersebut bisa menjadi sumber inspirasi untuk membuat sebuah karya desain yang luar biasa. Semoga bermanfaat.

TeknoViews Berbagi seputar Informasi teknlogi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *