TeknoViews Berbagi seputar Informasi teknlogi.

Android vs iOS

Android vs iOS

Android vs iOS adalah dua sistem yang selalu bersaing dalam menggeluti bidang ponsel pintar. Sistem Operasi yang sangat populer, tentu saja dari dua Sistem Operasi tersebut yakni adalah Google dan Apple. Kedua produk Android dan iOS ini telah  memiliki banyak keunggulan, serta banyak ciri khas masing-masing.

Apapun yang keduanya miliki bisa saja menarik perhatian dari semua calon pengguna. Karena itulah, banyak hal menarik saat membahas Android dan iOS yang satu ini. Android dan iOS merupakan sistem operasi pada ponsel pintar yang paling disukai maupun paling diminati oleh masyarakat. Mereka memiliki nilai plus dan minus yang sendiri-sendiri dan tentunya sesuai dengan selera pemakai.

Pertimbangan Android

  1. Kelebihan Open Source atau Close Source

Salah satu kelebihan dari sistem operasi Android yang tak dipunya oleh iOS yakni, Android lebih bersifat open source. Yang mana anda bisa mengaturnya atau memodifikasi bahkan bagaimana anda mengembangkan Android yang Anda punya. Hal ini tentunya dengan membuat software maupun aplikasi yang lebih mudah dan telah sesuai dengan keinginan anda.

Pilihan aplikasi yang banyak juga bisa anda temukan pada Play Store di ponsel pintar Android. Berbeda cerita apabila anda menggunakan sistem pengoperasian iOS, maka aplikasi yang ditawarkan sangat terbatas.

  1. Kelebihan Harga yang Lebih Terjangkau

Sistem pengoperasian Android yang terkenal punya harga yang lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan iOS ini. Hal itu karena fitur yang ada pada iOS ini lebih terkesan mewah dan glamor. Sehingga, hal ini akan wajar apabila dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Harga ponsel Android sendiri memang sudah menjadi rahasia umum jika selalu di bawah sistem pengoperasian iOS. Hal itulah salah satu yang membuat ponsel Android lebih banyak dilirik dan diminati. Dan apabila anda ingin membeli iOS, maka anda bisa akan berpikir-pikir dahulu. Namun hal ini akan berbeda apabila Anda memang berasal dari kalangan menengah ke atas.

  1. Banyak Akun

Ketika pada HP Android, Anda bisa sekali untuk mendaftarkan beberapa email di dalam satu HP tersebut. Namun, berbeda halnya apabila pada ponsel pintar milik iOS. Sayangnya Anda hanya bisa mendaftarkan satu email untuk satu perangkat saja. Hal ini memang merupakan pedang bermata dua, di satu sisi bisa bermanfaat bagi Anda ataupun sebaliknya.

  1. Penyimpanan Eksternal

Keuntungan yang akan menyapa pengguna Android juga adalah, HP Android telah dirancang dengan sedemikian rupa, salah satunya yakni telah memiliki slot untuk penyimpanan yang ada di eksternal. Tentunya, anda bisa memasukkan SD Card di HP Android anda tersebut, jika anda ingin menambah kapasitas penyimpanan yang ada pada ponsel.

Untuk anda yang kerap beraktivitas dalam hal merekam, atau suka mengabadikan berbagai momen, menyimpan dokumen berat di HP, sangat disarankan memilih memori eksternal yang satu ini. Selain mudah memindahkan data, anda pun bisa memilih memori eksternal dengan kapasitas sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan.

  1. Tampilan Lebih Beragam

Tak banyak yang tahu bahwa Android sudah dirancang untuk disesuaikan dengan baik. Oleh sebab itu, tak heran apabila ponsel HP Android yang satu ini telah memiliki banyak sekali tampilan beragam jika dibandingkan dengan IOS. Bahkan, untuk bisa mengubah tampilan lain Android juga sangat mudah, anda hanya perlu membuka aplikasi Google Play Store dan menginstal aplikasi yang bernama Launcher.

Pertimbangan IOS

  1. Harga yang Jauh Stabil

Tetapi, meskipun harga dari ponsel pintar yang menggunakan sistem iOS yang lebih mahal dibandingkan dengan harga Android, namun harga iOS akan lebih stabil. Hal ini sangat menguntungkan anda ketika anda telah berniat untuk menjualnya kembali.

Dan apabila Anda menggunakan iOS tersebut dan kemudian berapa tahun kemudian ingin menjualnya, anda pun untung karena harga jual dari ponsel sistem iOS ini tidak terlalu turun.

  1. Keamanan yang Mantap

Untuk hal keamanan sendiri, iPhone alias ponsel pintar bersistem operasi ios masih menjadi pemenangnya dari Android. Hal ini karena pada iPhone sendiri, tidak ada software yang memiliki fungsi untuk memecahkan enkripsi.

Nah, sedangkan pada Android anda pun akan menemukan sangatlah banyak enkripsi. Sehingga, keamanan Android vs ios memang bisa dibilang lebih kalah jika dibandingkan dengan iOS. Selain itu, anda pun akan menemukan jika metadata yang ada pada iPhone lebih baik dibandingkan milik Android.

Metadata pada iPhone sangatlah berbeda dengan metadata yang ada pada sistem pengoperasian HP Android. NSA sudah mulai meningkatkan semua keamanan metadata yang ada pada Android. Namun, justru hal tersebut dapat membuat keamanan ponsel pintar milik anda menjadi celah bagi oknum.

  1. Satu Akun Email

Telah dijelaskan di atas bahwa, sayangnya Anda hanya bisa mendaftarkan satu email untuk satu perangkat saja. Hal ini memang merupakan jebakan, di satu sisi bisa bermanfaat bagi Anda ataupun sebaliknya. Apabila Anda memiliki alamat email yang sangat penting, anda sangat tak disarankan untuk daftarkan pada iPhone tersebut.

Hal itu karena pada beberapa hal, anda nanti tidak bisa mendaftarkan alamat email yang sudah terdaftar pada iPhone.  Dan hal ini karena alamat email yang sudah terdaftar pada iPhone sendiri tidak bisa diganti.  Walaupun, anda sudah jual kepada orang lain. Dan untuk itulah, sebaiknya anda telah menggunakan alamat email yang tidak terlalu penting saja di ponsel pintar iPhone.

  1. Konten Segar

Konten yang dihadirkan di dalam App Store Apple sendiri biasanya cenderung lebih lengkap. Dan di nomor satukan oleh pihak-pihak pengembang sendiri. Misalkan saja, Microsoft saat mengenalkan Office Suite, pihak pengembang lebih memilih rilis di iPad maupun iOS terlebih dahulu. Baru, kemudian Office Suit dikenalkan di Android. Hal ini membuat iOS tak ketinggalan soal konten berharga terbaru.

  1. Backup dan Restore Cepat Serta Buka API

Salah satu kelebihan iOS lainnya dalam hal yang satu ini yakni anda pindah ke perangkat iOS Baru. Pada kasus ini, anda dapat dengan mudah melakukan install cadangan yang sudah anda backup sebelumnya dari iCloud milik anda. Dan hebatnya lagi, cadangan tersebut bisa anda restore lagi dan berjalan di dalam hitungan menit pada ponsel yang sudah punya basis iOS baru punya anda.

Apple sendiri telah mengijinkan setiap pengguna agar bisa menyesuaikan perangkat ponsel mereka, misalnya menggunakan iOS 8 maupun iOS 10. Core API yang dibuka tidak lain yaitu untuk memberikan pengalaman lebih baik pada setiap pengguna.

Telah anda baca dengan seksama rangkaian kelebihan dan kekurangan dari Android vs ios. Jadi, anda pun saat ini bisa membandingkan sendiri bukan? Mana sistem pengoperasian yang sesuai dengan kebiasaan anda, apa yang anda butuhkan dalam mempercepat kerja anda. Atau apa fitur dari salah satu yang menguntungkan anda dalam berbagai hal.

TeknoViews Berbagi seputar Informasi teknlogi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *