TeknoViews Berbagi seputar Informasi teknlogi.

Adobe Illustrator atau CorelDraw

Adobe Illustrator atau CorelDraw

Memilih software grafis adalah hal yang sangat penting untuk memudahkan Anda dalam membuat desain grafis sesuai dengan keinginan. Nah, dalam hal ini, ada cukup banyak software desain grafis yang bisa digunakan. Namun, diantara beberapa pilihan tersebut, Adobe Illustrator atau CorelDraw adalah dua pilihan yang biasanya dipertimbangkan.

Ya, Adobe Illustrator vs CorelDraw adalah perbandingan yang sering menjadi topik diskusi di kalangan mereka yang menekuni dunia desain grafis. Hal ini cukup beralasan karena memang dua software grafis ini memberikan fitur yang lengkap untuk menunjang pekerjaan, sehingga desain grafis yang dihasilkan akan tampak sempurna.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beberapa hal tentang dua software desain grafis terbaik tersebut. Dengan membahas beberapa hal tersebut, tentu nantinya Anda akan mengetahui Adobe Illustrator atau CorelDraw yang akan Anda gunakan untuk membuat desain grafis tersebut.

Interface Adobe Illustrator dan CorelDraw

Hal pertama yang sering diperbincangkan mengenai Adobe Illustrator atau CorelDraw adalah interface dari kedua software ini. Ya, interface memang menjadi pertimbangan untuk memilih mana software yang cenderung lebih mudah untuk digunakan. Interface ini juga akan membantu belajar Adobe Illustrator pemula dan CorelDraw dengan baik.

Terkait interface, Adobe Illustrator cenderung mirip dan bahkan serupa dengan Adobe Photoshop. Ini adalah salah satu hal yang wajar karena kedua software ini berasal dari induk yang sama. Anda yang sudah terbiasa dengan Photoshop tentu saja akan cenderung lebih familiar dengan Adobe Illustrator.

Nah, sebaliknya, jika Anda kurang familiar dengan Photoshop, maka Anda akan menilai bahwa tampilan interface dari Adobe Illustrator ini cenderung rumit. Memang, pada dasarnya penataan interface AI –Adobe Illustrator, cenderung padat.

Berbeda dengan AI, CorelDraw hadir dengan tampilan interface yang bisa dikatakan cukup ramah. Interface software ini cenderung sederhana di mana akan memudahkan pengguna pemula untuk mempelajarinya. Selain itu, tampilan software ini juga tampak bersih serta tidak membingungkan.

Hal lain yang menarik dari tampilan pada CorelDraw adalah adanya menu hints. Nah, ini adalah salah satu menu yang spesial karena dengan adanya menu ini, maka Anda bisa belajar mengenai CorelDraw dengan lebih mudah dan bisa membuat sebuah karya tanpa perlu membuka buku panduan atau tutorial lainnya.

Kesimpulan dari interface ini adalah CorelDraw cenderung lebih mudah dipahami dengan penataan toolbar dan menu yang lebih sederhana. Namun, AI yang memiliki tampilan cenderung lebih rumit menyediakan fitur yang sebenarnya tak bisa dianggap biasa saja. Tentu, perlu pelatihan dan juga usaha mempelajari untuk menguasai interface software tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Adobe Illustrator dan CorelDraw

Baik Adobe Illustrator atau CorelDraw tampaknya memang dilahirkan untuk menjadi seteru. Kedua software grafis dengan dasar vektor ini memang menjadi pilihan wahid bagi para penggemarnya. Namun, baik Adobe Illustrator dan CorelDraw memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk dipahami.

Mengetahui kelebihan CorelDraw x7 dan juga AI menjadi penting untuk pertimbangan mana software grafis yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Nah, untuk poin pertama, ada beberapa keunggulan dan kelebihan dari AI –Adobe Illustrator yang perlu Anda ketahui. Beberapa keunggulan dari AI adalah sebagai berikut:

  • AI cenderung lebih mudah untuk dihubungkan dengan software Adobe lainnya karena memiliki program yang relatif sama. Beberapa software yang dimaksud diantaranya adalah Adobe Photoshop dan juga Adobe Bridge.
  • AI cenderung lebih ringan untuk digunakan dalam pengerjaan ilustrasi, termasuk di dalamnya adalah mendesain logo tertentu dan juga melukis digital.
  • AI memiliki fitur yang bisa dikatakan lengkap. Ada cukup banyak fitur di dalamnya seperti palet warna yang akan memudahkan pengguna untuk melakukan koordinasi layer.
  • AI bisa membuka file berukuran besar tanpa adanya gangguan.
  • Kualitas cetak desain yang dibuat dengan AI akan serupa dengan warna yang digunakan dalam proses pembuatan di monitor.
  • Tampilan antarmuka AI cenderung menarik sehingga tidak akan membosankan, terutama untuk versi 6 ke atas.

Lalu, bagaimana dengan CorelDraw? Nah, corel draw desain juga memiliki kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan kenapa software ini Anda pilih untuk membuat desain grafis yang bagus dan maksimal.

Adapun beberapa keunggulan dari CorelDraw adalah sebagai berikut:

  • CorelDraw memiliki fitur shortcut yang cenderung mudah untuk dihafal dan juga untuk digunakan.
  • Software ini cenderung kompatibel untuk pengaturan tata letak detail halaman.
  • CorelDraw cenderung lebih ramah untuk para pemula yang ingin belajar mengenai desain grafis.
  • Banyak digunakan oleh mereka yang menyediakan jasa percetakan di Indonesia sehingga akan memudahkan pengguna untuk melakukan print out.
  • CorelDraw sangat mendukung guna mengolah multi page document.
  • CorelDraw memungkinkan membuka dokumen dengan menggunakan format AI.

Beberapa keunggulan baik Adobe Illustrator atau CorelDraw di atas dapat menjadi pertimbangan terkait mana yang ingin Anda gunakan sebagai media membuat desain grafis. Bisa sedikit disimpulkan jika corel draw ringan dan AI menawarkan fitur serta menu yang sangat beragam.

Hal lain yang penting untuk dibahas terkait Adobe Illustrator atau CorelDraw adalah kekurangan dari masing-masing software. Telah disinggung di awal bahwa hasil Adobe Illustrator dan juga CorelDraw sama bagusnya dan memiliki sisi menonjol yang berbeda.

Lalu, bagaimana dengan kekurangan masing-masing? Untuk AI, ada beberapa kekurangan yang harus Anda perhatikan. Beberapa kekurangan dari AI diantaranya adalah:

  • Fitur dan menu AI cenderung lebih rumit dan kompleks sehingga akan cukup menyulitkan pengguna pemula yang ingin belajar.
  • AI cenderung belum terlalu terkenal terutama untuk user Indonesia. Hal ini berdampak pada belum banyaknya tutorial AI yang menggunakan bahasa Indonesia.
  • Belum cukup banyak percetakan yang menggunakan AI untuk program mereka sehingga ada keterbatasan saat pengguna hendak melakukan print out desain yang mereka buat.
  • AI tidak bisa membuka file yang dibuat dengan CorelDraw.

Beberapa kekurangan juga dimiliki oleh CorelDraw. Ada beberapa kekurangan software ini yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakannya. Beberapa kekurangan CorelDraw diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Fitur CorelDraw cenderung terbatas. Keterbatasan ini memang memudahkan untuk belajar desain CorelDraw, namun beberapa desain khusus tidak bisa dibuat dengan maksimal.
  • CorelDraw cenderung tidak terlalu baik atau kurang untuk menangani dokumen dengan ukuran besar sehingga terkadang terjadi masalah.
  • Warna yang dihasilkan pada saat print out terkadang tidak sama dengan warna dalam proses desain dalam komputer.
  • CorelDraw cenderung tidak bisa bekerja secara optimal pada komputer dengan OS Mac. Namun, software ini bisa berjalan dengan cukup baik jika digunakan pada komputer dengan OS Windows.

Nah, demikian beberapa kelebihan dan kekurangan corel draw serta Adobe Illustrator yang perlu Anda ketahui. Tentu saja, baik Adobe Illustrator atau CorelDraw memiliki ciri khas masing-masing yang kadung melekat.

Anda yang ingin belajar desain grafis bisa memilih Adobe Corel Draw atau AI sebagai pilihan. Pelajari masing-masing detail kedua software grafis ini dan pilihlah mana yang sesuai dengan gaya desain yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.

TeknoViews Berbagi seputar Informasi teknlogi.

Tips Membuat Flat Design

TeknoViews
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *